Diantara Fadhilah Sholat Tahajud

 

Banyak keutamaan yang diberikan oleh Allah ﷻ kepada seseorang yang melaksanakan salat tahajud. Banyak anjuran untuk melakukan sembahyang terutama pada sepertiga terakhir ini. Dan Allah ﷻ menjadikan yang seseorang mempunyai derajat mulia bagi siapa saja yang melakukan salat malam (tahajud). Dan masih banyak lagi keutamannya bagi yang melaksanakan, Rasulullah ﷺ bersabda:

عليكم بقيام الليل فإنه داب الصالحين قبلكم ،وان قيام الليل قربة إلى الله ومنهاة عن الإثم ،وتكفير للسيئات ومطردة للداء عن الجسد  

Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail ,karena ia adalah kebiasaan orang orang saleh sebelum kalian ,ia adalah jalan mendekatkan diri kepada Allah ,menghapus segala dosa dan kesalahaan. Menjaga dirimu dari perbuatan dosa ,dan melindungi tubuhmu dari penyakit. (HR Tirmidzi)

Memiliki keinginan kuat untuk melaksanakan salat tahajud di setiap sepertiga malam terakhir merupakan hal yang harus ada pada diri setiap muslim. Karena orang-orang saleh selalu tekun dan tidak pernah meninggalkan salat malam (tahajud). Mereka memandang seolah-olah shalat tahajud itu adalah sesuatu yang wajib. Jika mereka terlewatkan tidak menunaikan salat malam menganggap itu sebagai musibah yang besar. Karena mereka mengetahui bahwasannya salat malam memberikan banyak manfaat yang besar dalam kehidupan mereka.

Nabi Muhammad ﷺ sendiri sampai telapak kakinya pecah-pecah dan kakinya bengkak. Hal ini patut menjadi teladan bagi umat Islam, karena dikeheningan malam itu Allah ﷻ menganugrahkan rahasia yang amat besar bagi mereka yang melakukan salat malam. Disaat itu pula banyak pengetahuan-pengetahuan yang masih menjadi rahasia disingkap oleh Allah ﷻ.Dalam Alquran Allah ﷻ berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS Al-Isra [17]:ayat 79)

Pada ayat ini menunjukkan bahwasanya salat tahajud merupakan salah satu perintah yang amat penting bagi orang-orang beriman. Karena bagi siapa saja yang melaksanakannya dia akan mendapat kedudukan  terpuji dan meninggikan derajat. Selain itu ayat ini memotivasi bagi kita bahwasannya banyak fadilah dan keutamaan yang terkandung didalamnya. Banyak janji-janji Allah ﷻ yang diperuntukan bagi siapa saja yang melaksanakan salat malam (tahajud). Hanya orang yang betul-betul bersungguh sungguh dan istiqomah melaksanakan salat tahajud merekalah yang telah mendapat derajat yang tinggi disisi-Nya. Dalam artian bagi mereka yang menjalani berbagai pernak-pernik dalam kehidupan bisa dilaluinya dengan lancar.

Allah ﷻ akan mengangkat derajat seseorang ke tempat yang mulia bagi orang yang melaksanakan salat tahajud secara istiqomah. Jika seseorang sudah pada level manusia yang mendapat tempat terpuji (maqomam Mahmuda) maka secara otomatis derajat orang tersebut mulia disisi Allah ﷻ. Dan apabila derajat itu sudah tercapai kenikmatan duniawi pasti akan didapat apalagi kenikmatan akhirat. Bagi siapa saja yang melaksanakan salat tahajud kedua derajat sekaligus menjadi miliknya. pertama ia bisa menikmati di dunia dan yang kedua nanti di akhirat akan pendapatkannya. Kesuksesan dunia dan akhirat akan diperoleh dari amalan sholat tahajud. Orang yang terbiasa melaksanakan shalat tahajud maka Hidupnya akan tenang dari berbagai persoalan yang menerpa diri dan segala macam dinamika hidup akan mudah dilampaui. Di samping itu shalat malam (tahajud) mencegah diri dari perbuatan maksiat, Rasulullah ﷺ bersabda:

أخبرنا أبو يعلى حدثنا الناقد حدثنا محمد بن القاسم سحيم حراني حدثنا عيسى بن يونس ،عن الاعمش ،عن أبى صالح عن أبي هريرة قال قيل يا رسول الله ،ان فلانا يصلي الليل كله ، فإذا اصبح سرق ،قال سينهاه ما تقول 

Dari Abu Hurairah ,ia berkata : seseorang menjumpai Rasul dan bertanya ,wahai Rasulullah ! Apa pendapatmu tentang seseorang yang mengerjakan sholat di tengah malam ,namun di pagi harinya dia mencuri ? Baginda Rasul menjawab : 'amal itu akan mencegah dirinya dari apa yang kamu ceritakan. (HR Ibnu hibban)

Keistimewaan sholat tahajud diberikan kepada orang yang mau dan mampu melakukan sholat tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan. Salah satu keistimewaannya adalah dapat mencegah perbuatan dosa dan menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat dimasa lampau. Setiap malamnya kita selalu mengingat Allah ﷻ, sehingga kita merasa terawasi dan mencegah kita berbuat dosa kembali. Dengan melakukannya secara sungguh-sungguh, Insyaallah kita akan diampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat dan tidak akan mengulanginya lagi.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat, hendaknya umat Muslim semakin giat dalam melakukan sholat malam ini. Selain diangkatnya derajat oleh Allah ﷻ, Sholat malam (tahajud) juga bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu lelaksanakannya merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan. Sudah seharusnya sebagai umat Islam sudah sewajarnya melaksanakan sholat malam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faidah Bersiwak

Membakar Bukhur (Gharu atau Dupa) Sunnah Yang Terlupakan

Keharusan Menghormati Ahlul Bait

Memanggil Dengan Panggilan Yang Baik

Ilmu Tauhid

Memohon Hujan Dengan Bertawasul Kepada Rasulullah

Sedekah Karena Ridho Allah

Memberi Contoh Yang Baik

Musibah Menghapus Dosa