Mewaspadai Teradap Kelompok Yang Menyimpang



Agama memerintahkan menyeru dan mengajak seorang kepada hal-hal yang diperintahkan oleh Allah ﷻ serta mencegah dan menjauhi apa yang diharamkan-Nya. Siapa yang mentaati Allah ﷻ dan Rasul-Nya maka ia telah mendapatkan petunjuk, dan barang siapa bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya maka ia telah melakukan kesalahan. Sebagai umat Islam kita harus menjaga merawat agama Islam ini dengan sebaik-baiknya. kita tidak boleh tinggal diam dan membiarkan orang-orang menyelewengkan ajaran-ajaran agama di tengah-tengah masyarakat. Tentunya sebagai umat Islam harus lebih mewaspadai terhadap kelompok tersebut, Rasulullah ﷺ bersabda:

 من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان 

Maknanya: “Barangsiapa di antara kalian mengetahui suatu perkara munkar, hendaklah ia merubahnya dengan tangannya, jika ia tidak mampu, hendaklah ia merubahnya dengan lisannya, jika ia tidak mampu, hendaklah ia mengingkari dengan hatinya. Dan hal itu (yang disebut terakhir) paling sedikit buah dan hasilnya; dan merupakan hal yang diwajibkan atas seseorang ketika ia tidak mampu mengingkari dengan tangan dan lidahnya” (H.R. Muslim)

Tantangan umat Islam di era global ini semakin ke depan semakin berat. Karena banyak upaya-upaya pihak lain yang mau merongrong maupun merusak kemurnian dan keaslian agama Islam. Oleh karenanya persatuan dan kesatuan di kalangan umat Islam sangat dibutuhkan. Jangan sampai dimasuki kelompok golongan yang akan merusak. Kewaspadaan merupakan kunci dalam membentengi agama. Jangan sampai setelah menjadi besar, baru kita sadari bahwa itu merupakan aliran ataupun kelompok yang menyimpang, Allah ﷻ berfirman dalam Alquran:

كنتم خير أمة أخرجت للناس تأمرون بالمعروف وتنهون عن المنكر . ءال عمران :110

Maknanya: “Kalian adalah sebaik–baik umat yang dikeluarkan untuk manusia, menyeru kepada al Ma’ruf (hal-hal yang diperintahkan Allah) dan mencegah dari al Munkar (hal-hal yang dilarang Allah)” (Q.S. Ali ‘Imran: 110)

Oleh karena itu, diharap kepada seluruh umat Islam untuk menjaga lingkungannya dari berbagai hal yang memberi dampak buruk dalam beragama maupun bernegara. Dengan selalu menyeru terhadap hal yang positif dan menolak segala hal yang negatif dalam kehidupan sehari-hari. Islam sangat menganjurkan kepada seluruh umat manusia yang hidup di dunia ini untuk saling kasih mengasihi, sayang menyayangi.

Di era ini banyak aliran dan kelompok yang mengatasnamakan Islam tetapi sejatinya iya merusak dan mencemari agama Islam. Untuk itu agar selalu waspada terhadap bahaya ancaman yang senantiasa mengancam ketentraman masyarakat dengan meningkatkan kepekaan umat islam terhadap lingkungan agar terhindar dari pengaruh berbagai macam aliran yang dapat memecahbelahkan umat Islam. Diantara maraknya aliran maupun kelompok yang menyimpang disebabkan:
  • Umat Islam sendiri lembah dalam memahami ilmu agama. Oleh karena itu peningkatan pendidikan baik agama maupun dari segi formal terhadap masyarakat penting dilakukan.
  • Banyak orang bicara tentang agama di luar kemampuan dan keahliannya. Jika sesuatu diserahkan kepada yang bukan keahlinya maka kehancuranlah yang akan terjadi. Tidak bisa orang bicara tentang bidang yang tidak dikuasainya. Apalagi menyangkut masalah agama yang menjadi keyakinan seseorang.
  • Berkurangnya perhatian para tokoh ulama dan tokoh masyarakat serta minimnya perhatian pemerintah terhadap hal tersebut. 
Seorang muslim harus memahami kewajiban untuk menjalankan ajaran dengan benar dengan senantiasa memperdalam ilmu agama kepada orang yang tepat. Islam mengajarkan umatnya untuk mempertahankan serta memelihara negara, persatuan umat dan membangun masyarakat bukan membuat perpecahan dalam islam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memohon Hujan Dengan Bertawasul Kepada Rasulullah

Orang Yang Benar-Benar Bangkrut (Merugi)

Selalu Bertanya “Dimana Dalilnya?”

Keharusan Menghormati Ahlul Bait

Wajibnya Taat Dan Patuh Kepada Penguasa

Mengangkat Tangan Ketika Berdoa Dan Mengusap Wajah Sesudahnya

Etika Dan Adab Utang Piutang Dalam Islam

Menegakkan Hukum Pada Semua Orang

Faidah Bersiwak