Memposting Foto ke Media Sosial
Dalam islam hukum mengupload foto ke sosmed itu ada batasan-batasannya. Memposting foto di media sosial merupakan praktik umum di era digital ini. Namun, penting untuk memahami bahwa tindakan ini juga memiliki implikasi hukum. Berikut adalah beberapa aspek hukum yang perlu diperhatikan saat memposting foto ke media sosial:
1. Hak Cipta
- Kepemilikan: Foto yang diambil oleh seseorang biasanya dilindungi oleh hak cipta, dan pemiliknya memiliki hak untuk mengontrol penggunaan foto tersebut. Jika kamu bukan pemilik foto, pastikan untuk mendapatkan izin sebelum mempostingnya.
- Lisensi: Beberapa foto mungkin tersedia di bawah lisensi tertentu (misalnya, Creative Commons), yang memungkinkan penggunaan dengan syarat tertentu. Pastikan untuk mematuhi syarat yang ditetapkan.
2. Privasi
- Izin dari Individu: Jika foto tersebut melibatkan orang lain, terutama jika mereka dapat dikenali, sebaiknya mendapatkan izin dari mereka sebelum memposting. Ini juga berlaku untuk foto anak-anak; izin dari orang tua atau wali sangat penting.
- Tindakan Hukum: Memposting foto seseorang tanpa izin bisa menyebabkan tuntutan hukum terkait pelanggaran privasi.
Selain hal tersebut dalam hukum islam memposting foto ke sosial media itu boleh. Dengan catatan bahwa foto yang diposting bukanlah foto yang membuka aurat sehingga akan menimbulkan fitnah, dorongan syahwat dan yang lainnya. Atau bukan foto dengan gaya-gaya tertentu semisal menjulurkan lidah dan lainnya. Yang mana dengan foto tersebut maka lawan jenis yang melihatnya akan timbul syahwat meskipun foto yang ditampilkan tetap menutup aurat. Oleh karena itu jika unsur diatas tidak terpenuhi maka hukum memposting foto ke sosial media menjadi haram.
Keterangan :
(الفقه الإسلامي وأدلته : ج ٤ ص ٢٢٤)
أما التصوير الشمسي أو الخيالي فهذا جائز، ولا مانع من تعليق الصور الخيالية في المنازل وغيرها إذا لم تكن داعية للفتنة كصور النساء التي يظهر فيها شيء من جسدها غير الوجه والكفين كالسواعد والسيقان والشعور، وهذا ينطبق أيضا على صور التلفاز وما يعرض فيه من رقص وتمثيل وغناء مغنيات كل ذلك حرام في رأيي
(الفقه الإسلامي وأدلته : ج ٤ ص ٢٢٤)
والسبب في إباحة الصور الخيالية أن تصويرها لا يسمى تصويرا لغة ولاشرعا لما تقدم من بيان معنى التصوير في عهد النبوة، ولأن هذا التصوير يعد حبسا للظل أو الصورة مثل الصورة في المرآة والصورة في الماء
(فتاوى دار الإفتاء المصرية : ج ٧ ص ٢٢٠)
اختلف الفقهاء في التصوير والراجح أن التصوير الشمسي (الضوئي) لا شيء فيه، وأن النهي عن التصوير الوارد في الأحاديث كان يقصد به التصوير المجسم، وهذا ليس مجسما، إلا إذا اقترن بمعصية، كتصوير المتبرجات وعرض هذه الصور في المجلات والجرائد ونحو هذا
(فتاوى دار الإفتاء المصرية : ج ٧ ص ٢٢٠)
اختلف الفقهاء فى حكم الرسم الضوئى بين التحريم والكراهة، والذى تدل عليه الأحاديث النبوية الشريفة التى رواها البخارى وغيره من أصحاب السنن وترددت فى كتب الفقه، أن التصوير الضوئى للإنسان والحيوان المعروف الآن والرسم كذلك لا بأس به إذا خلت الصور والرسوم من مظاهر التعظيم ومظنة التكريم والعبادة وخلت كلذلك عن دوافع تحريك غريزة الجنس وإشاعة الفحشاء والتحريض على ارتكاب المحرمات، ومن هذا يعلم أن تعليق الصور فى المنازل لا بأس به متى خلت عن مظنة التعظيم والعبادة، ولم تكن من الصور أو الرسوم التى تحرض على الفسق والفجور وارتكاب المحرمات
(توشيح على ابن قاسم : ص ١٩٧)
الفتنة هي ميل النفس ودعاؤها إلى الجماع أو مقدماته والشهوة هو أن يلتذ بالنظر
Komentar
Posting Komentar