Permasalahan Yang Harus Diketahui Wanita


Bagi wanita remaja hingga dewasa permasalahan haid merupakan kenyataan yang harus dihadapi. Karena sudah sunnatullah sebagai wanita pasti akan mengalami siklus ini setiap bulannya. Dalam agaa islam banyak hal yang harus diperhatikan bagi wanita disaat mengalami haid. Terutama dalam hal ibadah baik harian maupun mimgguan dalam jangka satu bulan itu. Oleh karena itu sebagai seorang wanita dituntut untuk mengetahui hukum-hukum permasalahan yang sedang dialaminya. Agar setiap ibadah ibadah yang dilakukan sesuai dengan hukum Syara' (aturan dalam agama). Banyak hukum-hukum yang harus diketahui bagi wanita yang sudah mengeluarkan darah haid. Begitu juga bagi seorang laki-laki yang sudah menikah agar tidak sembarangan melakukan hal hal yang jelas jelas sudah dilarang oleh agama. Oleh karena itu bayak hal yang harus di perhatikan agar tidak menyalahi syariat agama. Sebagai seorang muslim kita wajib untuk mengetahui tentang berbagai masalah tentang haid dan hukum hukumnya.

a. Hukumnya Fardhu 'Ain bagi wanita yang sudah baligh
Artinya, wajib bagi setiap wanita yang sudah baligh untuk belajar dan mengerti permasalahan yang berhubungan dengan haid, nifas dan istihadloh
Referensi :

ويجب على المرأة ان تتعلم ما تحتاج  اليه من احكام الحيض والنفاس والاستحاضة فان كان زوجها عالما لزمه تعليمها والا فلها الخروج لسؤال العلماء بل يجب عليها وليس له منعها الا ان ييسأل هو ويخبرها فيستغنى بذلك وليس لها الخروج  لمجلس ذكر وتعلم خير الا برضاه. 
 الباجورى الاول ١١٣
Bagi seorang wanita wajib hukumnya mengetahui tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah haid, istihadhah, dan nifas. Apabila suaminya orang yang sudah mengerti tentang masalah ini sebagai suami wajib mengajarkan kepada istrinya. Tetapi apabila suami ini bukan orang yang mengerti maka wanita hendaknya menanyakan atau belajar kepada seorang ulama. Sebagai suami tidak boleh melarangnya kecuali dia sendiri belajar bertanya kepada ulama kemudian menyampaikan kepada istrinya tentang bagaimana hal-hal yang harus ditaati dan dilaksanakan bagi seorang istri. Dan apabila tidak mengetahui maka belajar di suatu majlis hal ini sudah dianggap cukup.

b.Hukumnya Fardhu kifayah bagi laki-laki
Artinya, perbuatan yang harus dilakukan oleh salah satu dari sejumlah orang Mukallaf, jika tidak ada satupun yang melakukannya, maka semuanya menanggung dosa, akan tetapi jika ada yang mewakili maka telah cukup untuk semuanya. Hal ini untuk menegakkan ajaran agama dan keperluan Ifta' (Fatwa/penetapan hukum suatu masalah
dalam urusan agama).
Referensi :

(قوله: حيث لم يغنها) قيد في جواز الخروج لتعلم ما ذكر: أي محل جواز ذلك إذا لم يغنها الزوج الثقة عن الخروج لذلك، أما إذا أغناها عن ذلك بأن كان يعلمها ما تحتاج إليه فلا يجوز لها الخروج
[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٩٢/٤]

Pengertian Haid

Haid/Menstruasi, secara harfiah berarti mengalir, sedangkan menurut Syara' adalah, darah yang keluar melalui alat kelamin wanita dengan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut (mohon dipahami) :
1. Telah mencapai usia 9 tahun Hijriyah (bukan Masehi) kurang 16 hari (8 tahun 11 bulan 14 hari).
Referensi :

(وأقل زمن تحيض فيه المرأة)؛ وفي بعض النسخ «الجارية» (تسع سنين) قمرية؛ فلو رأته قبل تمام التسع بزمن يضيق عن حيض وطهر فهو حيض، وإلا فلا
[محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ٦٣]

2. Darah yang keluar minimal satu hari satu malam jika keluarnya terus menerus, akan tetapi jika terputus-putus maka sejumlah 24 jam selama tidak lebih dari 15 hari.
Referensi :

وَأَقَلُّهُ " زَمَنًا " يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ " أي قدر هما مُتَّصِلًا وَهُوَ أَرْبَعٌ وَعِشْرُونَ سَاعَةً " وَأَكْثَرُهُ " زَمَنًا " خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا بِلَيَالِيِهَا " وَإِنْ لَمْ تَتَّصِلْ وَغَالِبُهُ سِتَّةٌ أَوْ سَبْعَةٌ كُلُّ ذَلِكَ بِالِاسْتِقْرَاءِ مِنْ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ 
[الأنصاري، زكريا، فتح الوهاب بشرح منهج الطلاب، ٣١/١]

3. Tidak lebih dari 15 hari 15 malam jika keluarnya terus-menerus.
Referensi :

(وأكثره خمسة عشر يوما) بليالها، فإن زاد عليها فهو استحاضة. 
[محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ٦١]

4. Darah keluar setelah minimal masa suci, yakni 15 hari 15 malam dari haid sebelumnya.
Referensi :

كَأَقَلَّ " زَمَنِ " طُهْرٍ بَيْنَ " زَمَنَيْ " حَيْضَتَيْنِ " فَإِنَّهُ خَمْسَةَ عَشَرَ بِلَيَالِيِهَا لِأَنَّ الشَّهْرَ لَا يَخْلُو غَالِبًا عَنْ حَيْضٍ وَطُهْرٍ وَإِذَا كَانَ أَكْثَرُ الْحَيْضِ خَمْسَةَ عَشَرَ لَزِمَ أَنْ يَكُونَ أَقَلُّ الطُّهْرِ كذلك وخرج يبين الْحَيْضَتَيْنِ الطُّهْرُ بَيْنَ حَيْضٍ وَنِفَاسٍ فَإِنَّهُ يَجُوزُ أَنْ يَكُونَ أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ تَقَدَّمَ أَوْ تَأَخَّرَ كَمَا سَيَأْتِي " وَلَا حَدَّ لِأَكْثَرِهِ " أَيْ الطهر بالإجماع.
[الأنصاري، زكريا، فتح الوهاب بشرح منهج الطلاب، ٣١/١]

5. Darah keluar secara alami, bukan disebabkan melahirkan atau suatu penyakit pada rahim.
Referensi :

اﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻗﺎﻟﻮا: اﻟﺤﻴﺾ ﻫﻮ اﻟﺪﻡ اﻟﺨﺎﺭﺝ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ اﻟﻤﺮﺃﺓ اﻟﺴﻠﻴﻤﺔ ﻣﻦ اﻟﻤﺮﺽ اﻟﻤﻮﺟﺐ ﻟﻨﺰﻭﻝ اﻟﺪﻡ، ﺇﺫا ﺑﻠﻎ ﺳﻨﻬﺎ ﺗﺴﻊ ﺳﻨﻴﻦ، ﻓﺄﻛﺜﺮ، ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺳﺒﺐ ﻭﻻﺩﺓ
مذاهب الاربعة ج 1 ص 126

Jika seorang wanita mengeluarkan darah, namun tidak memenuhi persyaratan diatas, maka darah yang keluar tidak dihukumi haid, tetapi disebut darah Istihadloh, baginya sama saja seperti suci.

3. Ketentuan Darah Haid Beserta Contoh-contohnya ;

a. Jika darah pertama dan kedua masih dalam rangkaian masa 15 hari terhitung dari permulaan keluarnya darah pertama, maka semuanya dihukumi haid, termasuk masa berhenti diantara dua darah tersebut. Contoh:
- Keluar darah pertama selama 3 hari, lalu berhenti 3 hari, lalu keluar darah lagi selama 5 hari.
- Keluar darah pertama selama 7 hari, lalu berhenti 5 hari, lalu keluar darah lagi selama 3 hari.
- Keluar darah pertama selama 3 hari, lalu berhenti 3 hari, lalu keluar darah lagi selama 5 hari, lalu berhenti lagi 1 hari, lalu keluar darah lagi selama 2 hari.
Referensi :

(مسالة:ش): قوله في التحفة(١): أقل الحيض يوم وليلة أو قد قدر هما متصلا، فمتصلاً حال من قوله: أو قدرهما، أي أقله يوم وليلة حقيقة، كأن رأته من الصبح إلى الصبح، أو قدر يوم وليلة وفرض ذلك القدر متصلاً، وإن لم يتصل هو ولا الدم ولم يتلفق إلا من أربعة عشر يوماً، كأن رأت ست سا عات دماً ثم ثما نياً نقاء، ثم ستاً دماً ثم ثما نياً نقاء
ثم ستاً دماً ثمانياً نقاء، ثم ستاً دماً، فمجموع الدماء بقدر يوم وليلة متصلين، فلا شك في كونها حيضاً، وإنما الخلاف في أن حيضها الدماء فقط، فيكون الأقل، لأنه بقدره وهو قول التلفيق، أو مع النقاء المتخلل وهو قو السحب الذي عليه العمل. وقو له بناء على قول السحب أردبه الاشارة إلى الخلاف، وهو أنها لو رأت أول الأربعة عشر دماً مقدارعشر ساعات وآخرها كذلك، فالمجموع دون أقله متصلاً فليس حيضاًعلى قول التلفيق، وكذا على قول السحب على الأصح من ستة أوجه، إذ من شرط قول السحب أن لا يتقص مجموع الدماء عن يوم وليلة وقد نقص، فهذا الخلاف الذي أشار إليه في التحفة فكأنه قل: بشرط إذا تلفقت الدماء أن لا ينقص مجمو عها عن يوم وليلة وإن بنينا على قول السحب.
بغية المسترشدين ص 31

b. Bila darah kedua sudah diluar rangkaian 15 hari dari permulaan haid pertama (jumlah haid pertama ditambah masa pemisah tidak kurang dari 15 hari, sementara jumlah masa pemisah ditambah
darah kedua tidak lebih dari 15 hari), maka darah kedua dihukumi darah Istihadloh. Contoh:
- Keluar darah pertama selama 3 hari, lalu berhenti 12 hari, lalu keluar darah lagi selama 3 hari. Maka, 3 hari awal dihukumi haid, 12 hari dihukumi suci dan 3 hari ahir dihukumi Istihadloh.
- Keluar darah pertama selama 6 hari, lalu berhenti 9 hari, lalu keluar darah lagi selama 2 hari. Maka, 6 hari awal dihukumi haid, 9 hari dihukumi suci dan 2 hari ahir dihukumi Istihadloh.
- Keluar darah pertama selama 8 hari, lalu berhenti 9 hari, lalu keluar darah lagi selama 3 hari. Maka, 8 hari awal dihukumi haid, 9 hari dihukumi suci dan 3 hari ahir dihukumi Istihadloh.
Referensi :

ثُمَّ إنْ انْقَطَعَ قَبْلَ خَمْسَةَ عَشَرَ اسْتَمَرَّ الْحُكْمُ وَإِلَّا فَالْحَيْضُ الْأَسْوَدُ فَقَطْ، أَمَّا إذَا بَقِيَ عَلَيْهَا بَقِيَّةُ طُهْرٍ كَأَنْ رَأَتْ ثَلَاثَةً دَمًا، ثُمَّ اثْنَيْ عَشَرَ نَقَاءً، ثُمَّ ثَلَاثَةً دَمًا، ثُمَّ انْقَطَعَ فَالثَّلَاثَةُ الْأَخِيرَةُ دَمُ فَسَادٍ وَخَرَجَ بِانْقِطَاعِ مَا لَوْ اسْتَمَرَّ فَإِنْ كَانَتْ مُبْتَدَأَةً فَغَيْرُ مُمَيِّزَةٍ أَوْ مُعْتَادَةٍ عَمِلَتْ بِعَادَتِهَا كَمَا قَالُوهُ فِيمَا لَوْ رَأَتْ خَمْسَتَهَا الْمَعْهُودَةَ أَوَّلَ الشَّهْرِ، ثُمَّ نَقَاءَ أَرْبَعَةَ عَشَرَ، ثُمَّ عَادَ الدَّمُ وَاسْتَمَرَّ فَيَوْمٌ وَلَيْلَةٌ مِنْ أَوَّلِ الْعَائِدِ طُهْرٌ، ثُمَّ تَحِيضُ خَمْسَةَ أَيَّامٍ مِنْهُ وَيَسْتَمِرُّ دَوْرُهَا عِشْرِينَ وَبِمُجَرَّدِ رُؤْيَةِ الدَّمِ لِزَمَنِ إمْكَانِ الْحَيْضِ يَجِبُ الْتِزَامُ أَحْكَامِهِ، ثُمَّ إنْ انْقَطَعَ قَبْلَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بَانَ أَنْ لَا شَيْءَ فَتَقْضِي صَلَاةَ ذَلِكَ الزَّمَنِ
[ابن حجر الهيتمي، تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي، ٣٩٩/١]

c. Sedangkan jika jumlah masa suci pemisah ditambah darah kedua melebihi 15 hari, maka sebagian darah kedua dihukumi darah Istihadloh (untuk menyempurnakan minimal masa suci pemisah), dan sisanya dihukumi haid yang kedua jika memenuhi syarat haid,
Contoh:
- Keluar darah pertama selama 5 hari, lalu berhenti 10 hari, lalu keluar darah lagi selama 10 hari. Maka, 5 hari awal dihukumi haid, 10 hari ditambah 5 hari masa keluar darah yang kedua (sebagai penyempurna masa minimal suci 15 hari) dihukumi suci, dan 5 hari ahir dihukumi haid yang kedua.

- Keluar darah pertama selama 10 hari, lalu berhenti 10 hari, lalu keluar darah lagi selama 10 hari. Maka, 10 hari awal dihukumi haid, 10 hari ditambah 5 hari masa keluar darah yang kedua (sebagai penyempurna masa minimal suci 15 hari) dihukumi suci, dan 5 hari ahir dihukumi haid yang kedua.

- Keluar darah pertama selama 10 hari, lalu berhenti 10 hari, lalu keluar darah lagi selama 5 hari 20 jam. Maka, 10 hari awal dihukumi haid, 10 hari ditambah 5 hari masa keluar darah yang kedua (sebagai penyempurna masa minimal suci 15 hari) dihukumi suci, dan 20 jam sisanya dihukumi Istihadloh. 
Referensi :

مسألة:ي» (۲): رأت دما يصلح حيضا بأن زاد على يوم وليلة
ونقص عن خمسة عشر، ثم نقاء دون خمسة عشر، لكن لو اجتمع مع
الدم زاد عليها ثم دما، فالأول حيض، وما يكمل الطهر من العائد دم
فساد، والزائد حيض بشرطه ما لم يجاوز أكثره وإلا فتأخذ المبتدأة غير
المميزة من أول الزائد يوما وليلة، وتطهر تسعة وعشرين، والمعتادة
عادتها حيضا وطهرا. اه.
قلت : وعبارة أبي مخرمة من كانت تحيض في كل شهر خمسة أيام
مثلا فحاضت في دور خمستها وطهرت أربعة عشر ثم عاد الدم واستمر
فالأصح أن يوما من أول العائد استحاضة تكمیلا للطهر، وخمسة بعده
حيض، وخمسة عشر طهر، وهكذا، ويصير دورها عشرین، وکالأربعة
عشر ما دونها إلى العشرة، فما يكمل الخمسة عشر استحاضة، ثم خمسة
حیض وخمسة عشر طهر، بخلاف ما لو نقص النقاء عن العشرة
فليس بطهر؛ لأن الدم الذي بعده يجتمع مع الذي قبله حيضا. اه..
بغية المسترشدين ص31

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faidah Bersiwak

Membakar Bukhur (Gharu atau Dupa) Sunnah Yang Terlupakan

Keharusan Menghormati Ahlul Bait

Memanggil Dengan Panggilan Yang Baik

Ilmu Tauhid

Memohon Hujan Dengan Bertawasul Kepada Rasulullah

Sedekah Karena Ridho Allah

Memberi Contoh Yang Baik

Musibah Menghapus Dosa